Hadapi Kemarau, Pemadam Kebakaran Siaga

Hadapi Kemarau, Pemadam Kebakaran Siaga

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Kaur, menyiagakan Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk mengantisipasi kebakaran karena cuaca panas ekstrim yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Sebab cuaca panas ekstrim berpotensi kebakaran.

“Menghadapi musim kemarau ini kita sudah menginstruksikan kepada petugas Damkar untuk selalu siap siaga 24 jam guna menanggulangi bencana kebakaran,” kata Kasat Pol PP dan Damkar Kaur, Jon Harimol SSos, beberapa hari lalu.

Dikatakannya, dalam menghadapi musim kemarau awal Februari ini masyarakat Kabupaten Kaur diimbau untuk hati-hati terhadap material yang bisa menimbulkan api. Berbagai material yang mudah terbakar yakni, kayu, rumput atau ilalang, dan kabel listrik akan sangat berpotensi memercikan api dalam cuaca yang sangat panas seperti sekarang ini. Sebab dengan kondisi cuaca seperti ini, intensitas kebakaran di wilayah kabupaten bisa meningkat.

“Kami berharap musim kemarau itu tidak berkepanjangan sehingga menimbulkan kebencanaan, dan kepada masyarakat jika meningalkan rumah pastikan rumah benar-benar aman,” himbaunya.

Ditambahkannya, dalam mencegah kebakaran ini, petugas Damkar Kaur selalu latihan mengasah skil dan kemampuan mereka dalam memadamkan api, mengasah penggunaan alat pemadam dan berbagai antisipasi lainnya. “Untuk mobil Damkar yang kita siagakan ada tiga unit. Harapannya, setelah dilatih peningkatan kapasitas anggota, maka pelayanan Pemkab Kaur terhadap musibah kebakaran semakin meningkat ke depannya,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: